Bisnis Domba


Cara Tepat Menyimpan dan Mengolah Daging
July 2, 2008, 9:21 am
Filed under: artikel

Daging memang dapat diolah menjadi beraneka jenis masakan yang menggoda selera. Namun, sudahkah Anda memperlakukan daging secara benar dari sisi higenitas dan keamanannya? Berikut ini tips singkat ‘memperlakukan’ dengan tepat daging yang akan kita masak menjadi hidangan lezat dan menyehatkan.

* Belilah daging di tempat penjualan yang bersih dan rapi. Jika membeli di pasar tradisional, pilihlah daging yang dipajang di los khusus daging. Biasanya, daging yang dijual di sini merupakan output dari rumah pemotongan hewan (RPH) resmi yang diawasi.
* Begitu sampai di rumah, segeralah memasukkannya ke lemari pendingin dalam wadah tertutup. Simpanlah dengan suhu pendingin 0 sampai 5 derajat celsius

* Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih ketika akan memegang daging

* Sediakan tempat yang bersih di dapur Anda untuk mengolah daging. Jangan lupa untuk membersihkan peralatan masaknya. Daging, bagaimanapun, merupakan tempat yang empuk untuk tumbuh kembang bakteri dan kuman.
* Daging yang tidak terpakai atau daging olahan yang ingin disimpan harus segera dikembalikan ke dalam kulkas dalam wadah tertutup.
* Makanan dari daging hanya boleh dipanasi ulang sebanyak satu kali. Pastikan Anda telah memanaskan seluruh bagian dari masakan itu
* Defrost makanan beku secara seksama sebelum di masak. Caranya, bisa dengan bantuan microwave atau dilakukan bertahap, yaitu dibiarkan 10 menit di rak lemari pendingin (setelah sebelumnya disimpan di lemari pembeku), baru dikeluarkan dan diangin-angin di suhu ruang. Ingat, jangan mendinginkan ulang makanan yang telah lumer.
* Pastikan Anda mengikuti anjuran masak ketika menggunakan microwave dalam memasak, mencairkan, atau memanaskan makanan. Jangan lupa, perhatikan pula waktu penyimpanan maksimum untuk aneka daging yang belum di masak berikut:
* Jika disimpan dalam lemari pendingin, daging sapi, sosis, dan domba bisa tahan tiga hari. Sementara itu, hati, paru, dan organ dalam lainnya hanya tahan sehari di kulkas.
* Namun, kalau disimpan dalam lemari pembeku, daging bisa tahan lebih lama. Daging domba bisa disimpan antara enam sampai sembilan bulan. Sosis awet selama tiga bulan. Lalu, beragam organ dalam masih bisa dipakai hingga tiga bulan jika di letakkan dalam frizer. Daging sapi bahkan mencapai 9 – 12 bulan. c17

dikutip dari republika online


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: