Bisnis Domba


kenapa domba garut mahal
July 2, 2008, 4:29 am
Filed under: artikel
Kenapa domba garut mahal ya…..?Pertanyaan itu yang sering saya dapatkan dari calon konsumen, dan pertanyaan itu pula yang saya tanyakan lagi ke bang Agus (maklum……bang Agus punya pengalaman lebih). Dikarenakan hubungan bisnis dengan bang Agus terus berlanjut (alhamdulillah), saya secara pribadi harus menambah wawasan mengenai domba garut. Dari obrolan obrolan dengan bang Agus dijelaskan kenapa domba garut pedaging sedikit lebih mahal, dibanding yang lain. Diantaranya :

belum banyaknya orang yang mau terjun langsung ke dunia ternak.

ternak domba masih dilakukan dalam skala kecil, belum berbentuk industri peternakan seperti di Australia contohnya.

Adanya kepercayaan bila domba aduan dikawinkan maka performa dari domba tersebut akan menurun, hal ini yang menjadi salah satu bisa membuat langkanya anak domba unggulan, yang bisa dijadikan domba aduan ataupun domba pedaging.

Itu sebagian yang dijelaskan bang Agus kenapa domba garut bisa jadi mahal. Demand yang besar namun supply domba yang jarang sehingga membuat harga menjadi naik (prinsip ekonomi). Berbeda jika supply domba pedaging unggulan banyak, harga akan turun.

Kalo menurut perdapat saya pribadi kenapa domba garut bisa jadi mahal dikarenakan dari faktor fisik domba itu sendiri, domba garut memiliki badan dan rangka yang besar (maklum …..turunan domba petarung). Dengan ciri fisik yang berbeda dengan domba yang lain tersebut membuat prestise dari domba garut lebih dibanding yang lain.(terima kasih banyak kepada bang Agus yang sering memberi pengetahuan secara gratis tentang domba garut).

Walaupun saya belum jadi peternak (…one day…….insyaallah) akan lebih asyik bila kita bisa mengembangkan berternak biasa ke usaha ternak dan akhirnya ke industri ternak. Akan lebih membanggakan pula bila domba garut, salah satu domba genuine nya Indonesia, bisa diexpor ke berbagai negara.

Saya sangat mengharapkan saran dan tulisan dari pembaca blog ini agar saya bisa mendapat pengetahuan lebih dari pembaca. Mohon maaf bila kurang berkenan.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: